Transformasi Go Digital BPR Jawaban Kebutuhan

Pontianak, 29/4 (Antara) - Ketua Umum Persatuan Bank BPR Indonesia (Perbarindo), Joko Suyanto mengatakan trasformasi BPR "go digital" untuk memenuhi kebutuhan nasabah sekaligus langkah menghadapi tantangan.

"Saat ini masyarakat sudah mengarah ke go digital dalam berbagai hal seperti berbelanja, pembayaran, pembiayaan dan lainnya. Itu menjadi perhatian kita sehingga kita melakukan transformasi BPR go digital," ujarnya saat di Pontianak, Minggu.

Joko menjelaskan dengan kebutuhan masyarakat dan tren saat ini pembenahan di BPR untuk penerapan digital berupa produk layanan harus dilakukan karena itu adalah kuncinya.

"BPR harus menerapkan go digital agar kinerja semakin baik dan produk layanan semakin mampu bersaing sehingga tidak ketinggalan oleh persaingan yang semakin ketat," papar dia.

Saat ini, kata dia, produk digital dari BPR yang sudah mendapat izin dari BI dan sedang melakukan uji coba di salah satu BPR di Jateng yakni BPR e- cash.

"Produk tersebut merupakan layanan keuagan digital yang bersinergi dengan Bank Mandiri. Melalui layanan berbasis aplikasi dan smartphone tersebut nasabah dapat melakukan transaksi atau layanan perbankan dan pembayaran. Kemudahan dan kecepatan akan didapatkan nasabah," jelas dia.

Ia menambahkan pihaknya juga akan mencanangkan hadirnya e-Money BPR yang berbasis kartu.

"Dengan banyaknya produk dan layanan maksimal kami ingin memberikan terbaik bagi masyarakat dan kemajuan BPR itu sendiri. Penerapan inovasi yang ada akan segera kita laksanakan di seluruh BPR yang ada di Indonesia," sebutnya.

Ia juga turut mendorong agar BPR di Indonesia termasuk di Kalbar membangun produk BPR bersama baik untuk tabungan maupun kredit.

"Dengan secara bersama tersebut selain lebih efektif juga akan lebih mudah dalam mengenalkan dan layanan. Untuk penjualan sendiri tentu masing - masing BPR " kata dia.

Joko mengatakan meski tantangan kini kian berat dan persaingan bisnis perbankan semakin ketat kinerja keuangan BPR masih tumbuh.

"Ekonomi saat belum begitu baik dan tantangan BPR berat. Namun kita tetap tumbuh baik dari penyaluran kredit, deposito dan lainnya. Kita optimis bisnis BPR akan bisa bersaing dengan inovasi dan layanan terbaiknya," harap dia. (Dedi)


Comments

Popular posts from this blog

MIWF Makassar Dihadiri Penulis Mancanegara

Pendidikan Yang Membumi Untuk Anak Bangsa

Risensi Buku Pustaka dan Kebangsaan