Biak Numfor Pasang Jaringan Internet LAN



Biak, 27/5 (Sampetoding) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, segera memasang jaringan internet yang diakses menggunakan sistem Local Area Network (LAN) untuk semua organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah setempat.

"Kami memilih sistem LAN untuk jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal untuk semua OPD," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Biak Numfor Salon Yensenem di Biak, Minggu.

Ia mengatakan LAN merupakan jaringan komputer yang lokasinya terbatas di dalam satu gedung, satu komplek, dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon. LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Selain teknologi Ethernet, juga ada teknologi 802.11b atau biasa disebut Wi-fi yang sering digunakan untuk membentuk LAN. Dengan demikian, jaringan internet yang diakses dengan sistem LAN hanya menggunakan perangkat yang cukup sederhana seperti kabel UTP, switch, router dan beberapa perangkat lainnya.

"Dengan menggunakan jaringan LAN untuk setiap komputer dapat mengakses data dari komputer lain," ujarnya.

Selain itu komputer yang terhubung dalam LAN, lanjut Salmon, juga dapat menjalankan hardware seperti printer dari komputer lain, chating dengan pemilik komputer lain ataupun bermain game bareng. Untuk 2018, kata Salmon, sejumlah OPD di jajaran Pemkab Biak Numfor akan terkoneksi dengan jaringan LAN.

Keuntungan dari menggunakan fungsi jaringan lokal atau LAN diantaranya dapat mempercepat arus informasi dari server menuju client atau dari client menuju client yang lainnya. Manfaat lainnya yakni dapat menghemat waktu dan biaya operasional serta mempermudah komunikasi antar client yang terhubung dalam jaringan.

"Dan LAN juga dapat berfungsi untuk mengamankan informasi penting dari berbagai satuan OPD di lingkungan Pemkab Biak Numfor," ujarnya.

Akses jaringan internet di berbagai OPD Pemkab Biak Numfor telah menjadi tuntutan kebutuhan seiring dengan perkembangan teknologi informasi demi percepatan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

Comments

Popular posts from this blog

MIWF Makassar Dihadiri Penulis Mancanegara

Pendidikan Yang Membumi Untuk Anak Bangsa

Risensi Buku Pustaka dan Kebangsaan