Poso Siap Sukseskan Tour de Central Celebes 2018

Tour de Central Celebes
Tour de Central Celebes

Poso, 28/5 (Sampetoding) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menyatakan dengan mantap, siap menyelenggarakan dan menyukseskan lomba balap sepeda wisata internasional Tour de Central Celebes (TdCC) II tahun 2018.

"Pemda sudah menyelenggarakan rapat koordinasi membahas persiapan TdCC yang dipimpin Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, dan disimpulkan tidak ada hambatan berarti untuk sukses TdCC di Poso pada Oktober 2018 nanti," kata Kabag Humas dan Protokol Pemda Poso, Armol Songko di Poso, Senin.

Menurut Armol, rute TdCC II tahun 2018 akan dimulai dari Luwuk, Kabupaten Banggai dan melintasi Kabupaten Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Donggala, Sigi dan Kota Palu dengan panjang rute lebih 800 kilometer.

Di Kabupaten Poso sendiri, peserta lemba sepeda akan menyinggahi Kota Tentena, di tepian Danau Poso yang indah, obyek wisata pamungkas Kabupaten Poso.

"Rute terpanjang itu adalah dari Desa Tonosu, poinggiran Danau Poso sampai ke Kota Parigi, ibu kota Kabupaten Parigi Moutong," katanya.

Menurut Armol Songko, dalam rapat persiapan kegiatan TdCC itu, Bupati Poso Darmin Sigilipu bersama beberapa Kepala OPD terkait merencanakan agar peserta dari Kota Ampana langsung menuju Kota Poso. Lalu di ujung jalan jalur dua, Kota Poso, peserta akan dijamu makan siang diselingi hiburan berupa atraksi-atraksi kesenian daerah, setelah itu peserta juga akan dibawa ke Tentena menggunakan kendaraan yang dipersiapkan khusus.

Di Tentena, seluruh peserta Tour de Central Celebes II akan diantar melihat keindahan air terjun Saloupa dan melakukan city tour. Seluruh pebalap direncanakan menginap di Pantai Siuri dan sekitar lokasi Air terjun Saluopa.

"Peserta akan di lepas di Desa Tonosu untuk menempuh etape balapan selanjutnya menuju Kabupaten Parigi Moutong, yang merupakan rute terpanjang," ujarnya.

Bupati Darmin Sigilipu dalam rapat itu mengharapkan Camat Pamona Pusalemba dan Camat Pamona Utara sebagai tuan rumah lomba gowes di Kota Tentena untuk mengkoordinasikan dengan PDAM dalam menyiapkan air bersih dalam volume yang memadai.

Ia juga meminta dinas terkait untuk membenahi obyek wisata air terjun Saluopa serta berkoordiansi dengan pihak Kodim dan Polres Poso untuk mengerahkan anggotanya bersama para ASN dan masyarakat guna melakukan kerja bakti di lokasi yang akan dikunjungi.

Dalam TdCC II ini, Pemda Poso bekerja sama dengan Kementrian Pertanian akan mengadakan pertunjukan Orksestra oleh Diki Darmawan yang akan dikolaborasikan dengan alat musik tradisional Poso.

TdCC II Tahun 2018 akan berlangsung pada 16-22 Oktober, mengambil start di Kota Luwuk dan fisnish di Kota Palu. Tiga hari sebelum peserta melintas di Poso dan mengunjungi Kota Tentena, Pemkab Poso akan membuka kegiatan wisata tahunan yakni Festival Danau Poso (FDP) yang akan belrangsung 15-19 Oktober 2018.

Comments

Popular posts from this blog

MIWF Makassar Dihadiri Penulis Mancanegara

Pendidikan Yang Membumi Untuk Anak Bangsa

Risensi Buku Pustaka dan Kebangsaan