Takjil Gratis Toleransi Antar Umat Beragama di Sulawesi Utara


Manado, 28/5 (Antara) - Suasana Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara sejak memasuki Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah makin ramai, apalagi menjelang berbuka puasa.

Ruas Jalan Boulevard Manado dan sekitarnya dipadati dengan penjual makanan berbuka puasa atau takjil yang berjejeran di sepanjang jalan. Peminat takjil tersebut bukan saja kaum muslim yang menjalankan ibadah puasa, namun juga warga non-muslim juga datang berbondong-bondong untunk membeli takjil. Suasana itu hanya akan datang lagi satu tahun kemudian.

Apalagi, harga yang ditawarkan atas bermacam-macam takjil cukup murah, yakni dari Rp2 ribu hingga Rp7 ribu, baik kue maupun minuman. Mereka yang berjualan takjil juga bukan saja kaum muslim, namun juga nonmuslim yang meraup rezeki dari Bulan Suci Ramadhan kali ini.

Selain penjual takjil yang cukup banyak di Kota Manado, masyarakat di daerah tersebut, baik kelompok muslim maupun nonmuslim, juga membagikan takjil gratis di lokasi-lokasi yang kadang sulit mendapatkan takjil saat berbuka puasa. Mereka dari kalangan warga, instansi, dan pelaku usaha yang menyediakan takjil secara gratis.

Siapkan di SPBU General Manager Pertamina MOR VII Sulawesi Tengku Fernanda mengatakan Pertamina akan membagikan makanan buka puasa atau takjil gratis di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Pihaknya melakukan hal itu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, sembari beribadah pada Bulan Suci Ramadhan.

Tengku mengatakan ada beberapa titik SPBU yang akan memberikan takjil gratis, baik di Manado, Minahasa Selatan, dan jalan trans Sulawesi menuju Kota Kotamobagu.

"Karena dipastikan banyak umat muslim yang akan mudik menuju Kota Kotamobagu," katanya.

Semoga pembagian takjil gratis di SPBU dapat membantu kaum muslim yang akan berbuka puasa ketika melewati SPBU yang ada.

Pertamina terus menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Lebaran 2018 di Sulut.

Masyarakat tidak perlu khawatir karena pihaknya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi.

Tengku mengatakan memasuki Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriah, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII mengantisipasi peningkatan konsumsi energi, baik bahan bakar maupun elpiji.

Bandara Samrat PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado membagikan takjil gratis kepada penumpang dan pengguna jasa bandara untuk berbuka puasa.

General Manager Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado Minggus Gandeguai mengatakan dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah, setiap harinya sejak hari pertama Ramadhan, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado menyediakan takjil gratis bagi para pengguna jasa bandara yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Takjil gratis itu tersedia di area atau ruang tunggu keberangkatan Bandara Sam Ratulangi Manado mulai pukul 17.30 Wita.

"Selama Ramadhan ini, kami menyediakan takjil gratis untuk memudahkan para pengguna jasa bandara berbuka puasa. Selain itu pemberian takjil ini dapat menjadi sarana komunikasi kami dengan para penumpang," kata dia.

Ada sekitar 4.000 kotak takjil yang akan dibagikan kepada pengguna jasa Bandara Sam Ratulangi Manado selama Ramadhan tahun ini.

Setiap hari, disiapkan tidak kurang dari 150 paket takjil gratis yang akan dibagikan oleh petugas pelayanan penumpang.

"Pembagian takjil gratis ini sangat membantu sekali bagi kami penumpang yang menjalankan ibadah puasa, selain itu juga para petugas 'customer service-nya' sangat ramah, terima kasih Bandara," kata Yanti, seorang penumpang Garuda tujuan Jakarta.

Restoran Manado Sebagian besar restoran di Kota Manado memberikan layanan gratis makanan takjil selama Ramadhan 1439 Hijriah.

Pemilik Rumah Makan Ocean 27 Manado Ivanry Matu mengatakan pihaknya memberikan takjil berupa kolak singkong gula merah bagi yang melakukan ibadah puasa.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi saudara, rekan bisnis yang menjalankan ibadah puasa, agar bisa melakukan buka puasa di RM Ocean 27.

Dia mengatakan Ocean 27 memberikan promo sepanjang Bulan Puasa, yakni diskon 15 persen setiap hari, makan 10 paket gratis satu paket.

Ketentuan ini, berlaku mulai jam 17.00 Wita, diskon 10 persen tanpa syarat minimal dan diskon 15 persen untuk belanja minimal Rp500 ribu berlaku untuk semua paket makanan.

Harga paket dada ikan bakar Rp35 ribu per porsi, rahang tuna Rp30 ribu-Rp45 ribu per porsi (tergantung ukuran), ikan woku dan kuah asam mulai Rp45 ribu, dada tuna Rp35 ribu, bobara laut Rp40 ribu-Rp50 ribu, kepala ikan mulai Rp60 ribu-Rp 100 ribu.

Rumah makan milik Ivanry Matu yang berlokasi di pinggir Pantai Malalayang ini selalu dipenuhi masyarakat yang hendak makan bersama keluarga, saudara, kerabat kerja, maupun orang terkasih.

Makan di rumah makan tersebut, katanya, juga ditemani hiburan musik.

Pemerintah Sulut Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulut Kartika Devi Tanos mengatakan pemprov setempat dalam rangka Safari Ramadhan selain melakukan buka puasa bersama jamaah di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, Tuminting Manado, juga membagikan takjil gratis.

Hal ini akan terus dilakukan selain di Kota Manado juga di kabupaten dan kota lainnya, seperti sebelumnya dalam Safari Ramadhan bersama Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di Kabupaten Kepulauan Sitaro, kemudian bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Khusus untuk Safari Ramadhan Pemprov Sulut pada Jumat mendatang di Tuminting, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni akan memberikan bantuan takjil gratis kepada jamaah.

Selain bantuan takjil, rencananya pemprov juga akan memberikan bantuan lainnya lewat berbagai organisasi perangkat daerah terkait, misalnya Dinas Pendidikan, Kesehatan dan Sosial, seperti sajadah, sedangkan dari Kementerian Agama akan memberikan Al Quran.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw juga membagikan takjil gratis di Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara, tepatnya di Desa Kema Tiga.

Dengan didampingi Sekda Provinsi Sulut Edwin Silangen, Ketua Tim Penggerak PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan dan pejabat pemprov lainnya, Gubernur Olly dan Wagub Kandouw mengelilingi pasar sembari berdialog dengan pedagang, pembeli, dan warga yang terlihat sangat antusias bertatap muka langsung dengan kedua pemimpin mereka itu. Pihaknya berharap pembagian takjil gratis ini akan makin membina hubungan toleransi antarumat beragama di Sulut.

Gubernur Olly berharap semua warganya selalu hidup dalam damai dan penuh kasih sayang karena akan tercipta suasana yang aman dan damai.

Sudah menjadi kebiasaan di daerah "Nyiur Melambai" ini saat sesamanya menjalankan ibadah puasa, menjadi tanggung jawab umat nonmuslim menjaga keamanan dan kedamaian. Begitu pula sebaliknya saat Natal maupun kegiatan agama lainnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut Abdul Gafur mengatakan paham Islam toleran yang menjunjung pluralisme, Islam yang rukun dan damai. Hal itulah yang akan ditularkan kepada semua umat Islam di dunia.

Islam yang toleran sudah diterapkan oleh para orang tua di daerah itu sejak zaman dahulu sampai sekarang. Budaya saling menghormati dan saling menghargai antarsesama umat beragama telah berkembang di Sulut sejak lama. Pada 1969 dibentuk Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama Sulut.

Badan ini berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi Sulut untuk menjaga kerukunan antarumat beragama yang selama ini telah terpelihara dengan baik di "Bumi Nyiur Melambai".

Comments

Popular posts from this blog

MIWF Makassar Dihadiri Penulis Mancanegara

Pendidikan Yang Membumi Untuk Anak Bangsa

Risensi Buku Pustaka dan Kebangsaan