Pemudik Disela Arus Balik


Banjarmasin - Suasana lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah belum hilang walaupun sudah memasuki hari keempat sehingga di Kalimantan Selatan (Kalsel) masih ada saja pemudik di sela-sela arus balik pada H+3.

Pantauan Antara Kalimantan Selatan di kota Banjarmasin, Sabtu, pemudik di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota di sela-sela arus balik pada H+3 Idul Fitri 1440 H di antaranya menggunakan moda transportasi angkutan penumpang umum.

Diantaranya Keluarga Unah mudik ke Barabai (berjarak sekitar 165 kilometer dari Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel dengan angkutan penumpang umum jenis mini bus/Colt L300.

Oleh karena masih suasana Idul Fitri 1440 H, ongkosnya masih naik, yakni Rp 70.000 bila dibandingkan dengan hari-hari biasa dengan tarif sebesar Rp 65.000.

Pemudik pada H+2 ternyata masih banyak, karena saat hari H sampai H+1 belum punya waktu, sebab bersilaturahmi di kediaman bersama keluarga serta handai taulan, sebagaimana penuturan Unah.

"Sementara jika tidak mudik tidak enak, karena di kampung halaman juga masih banyak sanak keluarga, bahkan masih ada saudara orangtua saya," kata perempuan yang sudah memasuki usia 60 tahun itu.

Selain itu, mau ziarah ke makam kerabat keluarga, "mama" (ibu) dan "abah" (ayah), nenek, serta kayi yang tiap Idul Fitri mengadakan acara mengenang beliau dengan mengumpulkan sanak keluarga dan handai taulan di kampung halaman.

"Memang tidak ada kebahagiaan melebihi berkumpul bersama keluarga serta handai taulan di kampung halaman, dan sekaligus mengenang masa-masa lalu, walau harus mengeluarkan uang agak banyak," demikian Unah.*

Comments

Popular posts from this blog

Wali Kota Makassar Harap Mubaligh Jadi Pemersatu

Peringatan Tsunami Aceh Nelayan Dilarang Melaut

Berharap Derita Akibat Anak Krakatau Segera Berakhir