Media Berperan Mengawal Pemilu Demokratis


Tanjungpinang - Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Zaini, mengatakan media memiliki peranan penting dalam mengawal Pemilihan Umum tahun 2019 yang demokratis, mulai dari masa kampanye hingga terlaksananya Pemilu dengan baik.

"Pesan yang disampaikan melalui media berperan sebagai edukasi untuk masyarakat," ujar Zaini, di Tanjungpinang, Selasa.

Zaini mencontohkan, media memberitakan tahapan demi tahapan serta persoalan terkait pelaksanaan pemilu yang dapat diketahui masyarakat melalui media yang banyak dibagikan warganet melalui media sosial.

Selain itu, kata dia, media memiliki peran besar membentuk opini masyarakat dalam menangkal berita hoaks pada pelaksanaan pemilu kemarin.

"Media menjadi tangkal berita hoaks yang banyak menyebar selama pelaksanaan pemilu 2019 berlangsung," ungkapnya.

Senada dengan Zaini, Komisioner Bawaslu Provinsi Kepri, Rosnawati, menyebutkan media memiliki peran dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu, karena media memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Kita ketahui bahwa berita hoaks banyak sekali, tetapi karena adanya media bisa menggiring mana berita yang hoak dan mana berita yang tidak hoaks," katanya.

Rosnawati berharap media tetap bisa memberikan informasi yang berimbang serta tetap menyerukan fakta kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham bagaimana berpolitik yang seharusnya.

Comments

Popular posts from this blog

Wali Kota Makassar Harap Mubaligh Jadi Pemersatu

Peringatan Tsunami Aceh Nelayan Dilarang Melaut

Berharap Derita Akibat Anak Krakatau Segera Berakhir